-->
Iklan

Adaptor Kena Air, Bisa Diperbaiki atau Tidak ?

Posted by M.PRiS007 on Sunday, February 8, 2015

Adaptor kalau kemasukan air atau  kena banjir itu bagaimana ?

Yang pasti sih jangan dicolok ke listrik dahulu. Untuk menghindari konsleting, jangan menancapkan adaptor ke listrik karena kerusakan bisa bertambah parah, bisa terbakar atau meledak.

  1. Langkah pertama kabel power adaptor dilepas.
  2. Adaptor  harus dikeringkan saat itu juga, tidak boleh menunggu lama, buka casingnya lalu jemur pada panas matahari ( kalau tidak bisa membuka casing, sebaiknya dibawa ke tempat service ).
Cara paling benar adalah mengeringkan dengan sinar matahari ketika matahari terik, karena panas matahari mampu mengeringkan hingga bagian dalam komponen. Contoh komponen trafo, biasanya air bisa masuk ke dalamnya. Kalau pengeringan hanya menggunakan kipas angin atau hair dryer sulit menjangkau bagian dalam.

Air, bisa membahayakan..!


Adaptor yang telah terkena air dan tidak dikeringkan, dalam tempo minimal 3 hari komponen didalamnya akan berkarat makin lama keropos dan adaptor tidak bisa diperbaiki lagi.
Logam bila terkena air dengan cepat bisa berkarat, hanya hitungan hari.   Komponen adaptor terdapat / mengandung logam, besi dan sebagainya yang mudah berkarat.

Jika adaptor tidak bisa dibuka sendiri, serahkan pada tempat service
Casing adaptor ada yang dibaut dan ada yang  tanpa baut  atau  dibuat permanen. Jika adaptor anda termasuk yang permanen dan tidak bisa membukanya, serahkan pada tempat service kepercayaan.

Saran Pemakaian Adaptor : sebaiknya tidak meletakkan adaptor di ubin / lantai, bisa terkena banjir dan udara lembab 

Baca : Cara memperbaiki adaptor rusak >>

Previous
« Prev Post

Related Posts

8:30 PM