-->
Iklan

Ini Adaptor Yg Memiliki Voltage Outputnya 2 Macam Ukuran Berbeda

Posted by M.PRiS007 on Monday, October 3, 2016

Selama ini mungkin tanpa kita sadari telah 'terpatri' di dalam otak kita bahwa setiap adaptor hanya memiliki satu ukuran voltage. Sebagai contoh adaptor 12 volt untuk radio, CCTV dan peralatan elektronik lain : yang kita kenal adalah adaptor dengan output 2 jalur yaitu kabel ground dan +12 V atau 'satu setrum listrik 12 volt saja"

Hal ini adalah wajar saja, karena hampir semua perangkat elektronika telah didesain dengan satu macam voltage, dan sejak awal belajar elektronika guru-guru kita juga mengajarkan demikian.

Tetapi, kalau kita mau menyempatkan waktu untuk berfikir, adakah adaptor yang memiliki banyak kabel outputnya?

Nah, tentu diantara kita bisa mengingat ternyata ada lho adaptor yang memiliki 2 macam voltage outputnya. Contoh :

(1) Adaptor untuk printer ( kebanyakan adaptor untuk printer merek 'hp' serta  beberapa tipe adaptor untuk printer EPSON tipe tertentu )


Adaptor seperti contoh  di atas untuk printer merek hp tipe tertentu,  outputnya  ada dua macam yaitu +16V dan +32V.  Jadi konektor bagian pinggir kiri dan kanan untuk tegangan +16 volt dan +32 Volt sedangkan bagian tengahnya adalah ground-nya.

Contoh lain adaptor untuk printer seperti dibawah ini :


(2) Adaptor untuk converter hardisk eksternal 3,5" contoh seperti dibawah :


(3) Dan lain-lain silahkan ditambahkan sendiri

Mengapa dibuat adaptor sedemikian ? Sebab ukuran yang dibutuhkan telah disesuaikan didalam adaptor itu sendiri. Jadi didalam modul 'mesin' mainboard perangkat tersebut tidak perlu ada rangkaian khusus untuk membagi-bagi voltage lagi.

Previous
« Prev Post

Related Posts

9:52 PM